Rabu, 28 Maret 2018

Rahasia Sehat Dengan Menu Piring Gizi Seimbang Ala So Good

Aktifitas saya tiap hari sebagai tenaga medis di sebuah Klinik mengharuskan diri ini untuk menjaga kesehatan agar total dalam pelayanan. Setiap hari berhadapan dengan pasien yang notabene sedang dalam tidak sehat. Maka dari itu untuk menjaga sistem imun saya usahakan dengan tidur yang cukup, berolahraga, menghindari stress dan yang utama adalah menjaga pola makan seimbang.

Dahulu, saya mempunyai kebiasaan ketika makan itu asal kenyang, apa yang ada saya makan tanpa memperdulikan apakah menu itu sudah seimbang apa belum. Lambat laun, seiring berjalannya waktu dan umur meningkat, saya merasakan organ tubuh ini tidak bekerja sebagaimana mestinya. Mulai dari cepat lelah, kurang bersemangat dan tubuh ini sering mengalami pegal-pegal.

Akhirnya saya konsultasi dengan teman yang kebetulan menjadi konsultan kesehatan di sebuah Rumah Sakit tentang keluhanku selama ini. Timbangan digital pun disiapkan, hmmm hasil yang diperoleh membuat saya sendiri kaget dan tidak menyangka. Ternyata usia metabolisme lebih tua dari usia kronologisku. Tidak berhenti di situ, saya juga melakukan cek darah, di antaranya cek gula darah, asam urat dan kolesterol. Lagi-lagi hasilnya membuat saya jadi tidak bergairah, kadar asam urat dan kolesterol di atas normal, untuk gula darah alhamdulillah normal.

Saya mulai khawatir dong dengan hasil yang tidak memuaskan itu, akhirnya saya browsing tentang kesehatan dan pola hidup seimbang. Ketemulah dengan salah satu artikel teman sesama blogger, yaitu Menu Piring Gizi Seimbang.
Nah, dengan menu piring gizi seimbang merupakan solusi tepat untuk mewujudkan hidup yang lebih  sehat. Apa sich yang di maksud dengan gizi seimbang ?

Sumber : So Good


" Gizi Seimbang adalah Terpenuhinya kebutuhan akan zat-zat oleh tubuh. Yang mengandung karbohidrat, protein, sayuran, buah dan mineral."

Dan menurut piring gizi seimbang So Good, komposisi makanan dengan gizi seimbang harus mengandung porsi 15% protein, 15% buah, 35% sayur, serta 35% karbohidrat.

Sumber : So Good


Nah, dengan Menu Piring Gizi Seimbang Ala So Good tersebut, diri ini merasa teredukasi tentang gaya hidup sehat yang sesungguhnya. Terkadang mau masak menu harian saja saya sampai kehabisan ide dan harus memutar otak, karena saya tidak ingin anak-anak dan suami merasa bosan dengan masakan yang saya sajikan. Dan yang terpenting selain hemat, kebersihan dari olahan juga lebih terjamin kalau kita masak sendiri. Kebetulan suami tidak suka olahan warung.

"Dengan melengkapi asupan gizi sesuai menu piring gizi seimbang tentunya akan menjadi tolak ukur kesadaran akan gaya hidup sehat."


So Good menjadi pilihan tepat untuk keluaga saya, karena So Good selalu menyajikan produk berprotein yang berkualitas untuk mencukupi kebutuhan protein sesuai pedoman gizi seimbang. So Good ayam potong paha & dada menjadi produk yang paling praktis buat saya, dengan So Good Ayam Potong Paha & Dada bisa dikreasikan dengan berbagai macam menu sesuai selera keluarga.Bisa di masak semur, rica-rica, tongseng atau pun gulai.

Tapi kali ini saya akan berbagi menu simple tapi kaya akan gizi, Lumpia Sayur Ala So Good Ayam Potong. Tentunya ini lumpia beda dengan lumpia yang biasa kita makan, ini lumpia sayur memakai kubis sebagai kulitnya. Penasaran khan........., yuk ikuti ulasan saya di bawah ini ya......, perhatikan step demi step.

Sesuai pedoman Menu Piring Gizi seimbang ala So Good, yang terdiri dari :

1. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh yang memiliki beberapa peran dalam organisme hidup. Sumber karbohidrat pun tidak hanya berasal dari nasi, melainkan bisa dari jagung, roti, beras merah dan kentang. Kali ini saya menggunakan karbohidrat yang bersumber dari kentang. Tanaman umbi yang satu ini mengandung serat untuk mencegah sembelit dan mengurangi penyerapan  kolesterol makanan.

Sumber : google


Dengan kentang ini pun bisa di sulap menjadi beberapa kreasi menu yang menggugah selera. Kamu pasti sering pesan french fries kan ? Nah, kamu bisa membuat sendiri french fries alias kentang goreng ala rumahan. Rasanya yang asin, gurih dan renyah menjadikan sumber karbohidrat yang cocok sebagai camilan atau pun menu pokok pengganti nasi.

Untuk menu yang saya sajikan ini, kentang cukup dikukus lalu di goreng sebentar. Tapi menurut selera masing-masing ya, bisa setengah matang atau digoreng sampai renyah.

2. Protein

Protein merupakan zat yang sangat penting dibutuhkan oleh manusia yang berfungsi sebagai zat pembangun dan pendorong metabolisme dalam tubuh. Sedangkan sumber protein ada dua, yaitu protein hemani dan protein nabati.

Sumber : doc.pribadi

Untuk menu saya kali ini menggunakan protein nabati andalan keluarga, yaitu Ayam Potong So Good Paha & Dada. Kenapa saya yakin dengan kualitas ayam So Good ?
1. Ayam dipotong di rumah potong yang bersertifikat NKV
2. Ayam berasal dari peternakan modern milik sendiri
3. Ayam tidak disuntik hormon
4. Proses IQF ( Individual Quick Frozen )

Untuk menu yang saya masak kali ini, daging ayam So Good saya potong kecil-kecil dan ditumis bersama sayuran. Agar gizi seimbang tercapai.

3. Sayuran

Sayur adalah semua jenis tanaman yang dapat dikonsumsi baik yang diambil dari akar, batang, atau bagian lain yang digunakan untuk di olah menjadi masakan. Untuk menu kali ini saya memakai wortel, kobis, daun bawang dan sledri sebagai penguat rasa.

4. Buah

Nah, ini adalah kebutuhan gizi seimbang untuk kesehatan tubuh. Dengan menkonsumsi buah maka kita akan mendapatkan gizi yang dapat meningkatkan energi dan kebutuhan vitamin untuk tubuh. Biasanya kita menyebut buah itu sebagai makanan penutup di sebuah acara kondangan atau pun arisan.

Sumber : doc.pribadi


Resep Lumpia Sayur Ala So Good

Bahan :

1. Ayam Potong So Good ( Potong Kecil-kecil )
2. Kentang ( Kukus, lalu goreng )

Bahan Kulit :
1. Kubis ( direbus )


Bahan Isian :
1. Ayam So Good yang sudah diiris kecil-kecil
2. 2 batang daun bawang
3. Daun sledri secukupnya
4  2 wortel yang di iris kotak

Sumber : doc.pribadi


Bumbu halus :

1. 2 bawang putih
2. 3 bawang merah
3. 1/2 sdt merica
4. Garam secukupnya
5. Gula pasir secukupnya
6. Penyedap secukupnya (optional)


Cara Membuatnya :

1. Proses kulit lumpia sayur, rebus kubis sampai matang. Angkat dan tiriskan
2. Tumis bumbu halus sampai halus sampai harum, masukkan Ayam So Good, aduk rata.
3. Masukkan wortel dan daun bawang yang sudah di iris
4. Cek rasa, angkat
5. Ambil 1 lembar kubis yang sudah di rebus tadi, lalu isi dengan bahan isian Ayam Potong So Good.
6. Lipat dan sematkan
7. Sajikan di Piring Gizi Seimbang ala So Good

Sumber : doc. Pribadi


Gimana, mudah bukan......
Yuk, siapkan inovasimu dalam memasak. Agar generasi yang sehat & kuat tercapai.



Artikel ini di ikutsertakan pada lomba blog Menu Piring Gizi Seimbang
#BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar