Jumat, 09 Maret 2018

Rahasia Cita Rasa Ayam Geprek Mbah So yang Dijamin Bikin Candu!



Sebelum membahas Ayam Geprek Kekinian yang sesungguhnya, saya sedikit curhat boleh dong……..

Dulu, ketika saya masih kecil, almarhumah ibu sering membuat snack cumi-cumi. Nah adonan yang tersisa digoreng agak tebal untuk dijadikan lauk. Meskipun adonannya tebal tanpa tambahan daging ayam, tapi rasa kriuk-kriuk renyah dan gurih tetep dapet. Iya, ibu pinter masak, bahan yang sederhana bisa disulap menjadi masakan yang rasanya istimewa. Duh……..saya jadi baper kalau membahas tentang almarhumah ibu. 😒😒😒
Nah dari adonan tepung yang digoreng itu menghasilkan rasa yang mewah ketika ditambah dengan sambal bawang, jadilah tepung krispi penyet. Ntah ya, generasi jaman dulu itu pake menu apa aja kelihatan lahap dan terasa nikmat. Makannya tiap kali saya menyantap Ayam Geprek selalu teringat kenangan manis bersama ibu, karena itu menu andalan keluarga meskipun bukan ayam geprek, tapi tepung krispi. 😍

Menu Kekinian yang Makin Populer

Foto : misterransel.com

Seiring berjalannya waktu, semakin meningkat pula menu yang kreatif dan inovatif, sehingga menjadi daya tarik tersendiri buat pecinta kuliner. 

Seperti sekarang ini, kedai kuliner yang ada di Solo berlomba-lomba menyajikan menu yang kekinian untuk mengikuti  selera pasar. Salah satunya menu Ayam Geprek, meskipun ini bukan menu baru di Solo, tapi ayam geprek menjadi makanan yang populer dan banyak diminati. Apalagi sajian ayam geprek dikreasi dengan beberapa varian rasa yang menggairahkan, ada ayam geprek Original, ayam geprek sambal bawang, ayam geprek sambal matah, dll. 

Tidak dipungkiri, 80% pecinta kuliner lovers adalah penyuka makanan pedas. Jadi secara gak sadar menu ayam geprek yang dikombinasi dengan tingkat pedas yang berbeda-beda menjadi tantangan tersendiri untuk menguji kekuatan rasa pedasnya. Yang penting huh hah bahagia ya......



Foto : doc. pribadi

Rekomendasi kuliner ayam geprek paling hits dan bermacam-macam varian rasa ya hanya di Ayam Geprek Mbah So, selain cita rasanya yang mantap, pelanggan juga bisa reques  level pedas sesuai selera. Maka “ Level Pedas Sak Karepmu……….” menjadi slogan Ayam Geprek Mbah So untuk memanjakan lidah para pecinta kuliner khususnya di Solo ini. Perpaduan bumbu pada resep ayam geprek ini memberikan kelezatan yang luar biasa. Cita rasanya pun diminati oleh semua kalangan, bisa dibilang lintas generasi lah !! Meskipun hampir sama dengan ayam penyet, ayam geprek sambal memiliki ciri khas tersendiri, salah satunya kriuk renyah dari ayam yang berbalut tepung dan sensasi pedasnya. 

"Keunggulan ayam geprek mbah so ini terletak pada rasa, dengan bumbu dan rempah-rempah yang proporsional dapat meningkatkan cita rasa yang membuat nagih!!"ucap Kanjeng Mami Sari selaku koki ayam geprek mbah so.


Kenapa sich dinamakan ayam geprek mbah so? Iya, Mbah So itu nama bapak dari pak Sugiarto selaku pemilik kedai yang berlokasi di Komplek Rumah Banjarsari. Tepatnya di Jl. Syamsurizal No. 10 Setabelan Banjarsari 57139 Surakarta. 

"Jadi kedai ini kita namakan Mbah So untuk mengenang almarhum bapak," ucap pak Arto.



Tempat Kopdar Paling Cocok


Foto : Doc. Pribadi

Nah buat kalian yang tergabung di berbagai komunitas, mau ngadain gathering, workshop, atau pun sekedar kopi darat, Ruang Seni & Publik Banjarsari adalah tempat yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan para "ratu dan raja komunitas." Sesuai tujuan awal dari revitalisasi bangunan kuno yang terletak di Utara Monumen Banjarsari ( Monjari ) ini memang dijadikan ruang publik sekaligus ruang ekspresi bagi masyarakat. Dan rumah banjarsari ini tujuannya memang bukan untuk bisnis atau komersil. Jadi masyarakat bisa memanfaatkan space itu untuk event yg membawa manfaat.


Foto : gubugkecilsangentung.net


Tempatnya lumayan luas, untuk ruang kopdar bisa memakai teras rumah kerabat Mangkunegaran, K. P. H. Hamidjaja Santosa. Mungkin 20 orang cukup lah ! Tempat strategis dan area parkir juga ada. Kopdar di malam hari tambah asyik loh, dengan suasana tempat yang cozy, angin malam yang sejuk membuat kita betah di sana.


Foto : IG Rumah banjarsari

Untuk mendukung acara agar berjalan lancar memerlukan konsumsi khan......., nah gak usah bingung lagi, di komplek rumah banjarsari ini ada beberapa foodcourt yang bercita rasa Jawa. Salah satunya ya Ayam Geprek Mbah So

Kedai ayam geprek mbah so memberikan harga khusus untuk menu kopdar loh ! Diskon 10% untuk menu makan, sedangkan minumannya diskon 5%. Gimana, cocok khan ! Tempatnya adem, berasa di rumah sendiri dan harga kuliner pun terjangkau. 

Menu Andalan Ayam Geprek Mbah So 
 
1. Ayam Geprek Original

Ayam dengan lapisan tepung yang sangat crispy dan daging ayam yang empuk tidak mengurangi kenikmatan sedikit pun ketika menyantap menu ayam geprek original ini. Saat digigit ada sensasi renyah dan crunchy di dalamnya. Mungkin ini adalah menu yang paling pas untuk pecinta kuliner yang tidak menyukai pedas. Ayam geprek original ini juga gak kalah nikmatnya dibanding menu lain, karena taburan orak-arik telur di atasnya menambah cita rasa makin maknyus.


2. Ayam Geprek Sambal Bawang

Ini adalah menu ayam yang populer saat ini, ayam geprek sambal bawang. Ayam goreng yang dibalut tepung lalu di geprek bersama sambal bawang, tak salah kalau ini menjadi menu andalan untuk pecinta kuliner level pedas. Saya juga lebih nikmat menyantap menu yang satu ini, kriuk-kriuk renyah dan pedas selalu membuat saya gagal untuk diet. Rasanya memang penuh sensasi karena pedasnya bisa disesuaikan sesuai selera masing-masing, ditambah gurihnya daging ayam yang dibumbui dengan resep istimewa khas dari Ayam Geprek Mbah So.


Foto : misterransel.com


3. Ayam Geprek Sambal Matah

Siapa sich yang gak doyan ayam goreng renyah dn gurih dengan perpaduan sambal? Apalagi berpadu dengan sambal matah khas sambal bali, hmmm lewat gambar saja sudah cukup menghipnotis para pecinta kuliner. Ayam geprek sambal matah memiliki cita rasa yang sangat menggugah selera, apalagi disajikan dengan nasi hangat yang atasnya ditaburi bawang goreng. 
Ayam geprek sambal matah khas dari Ayam Geprek Mbah So ini mempunyai ciri khas tersendiri, rasanya benar-benar bikin nagih, enaknya juara. Dengan proses yang sederhana, tidk digerus dan disajikan dalam keadaan semi mentah, tapi sambal matah tetap memiliki cita rasa yang luar biasa. Kamu penasaran ?? Datang aja bersama teman-teman untuk hang-out bareng dan uji kekuatan dengan menu pedas level sak karepmu......................



Foto : misterransel.com


4. Ayam Geprek Saus Lada Hitam

Apalagi ayam geprek yang diberi toping saus lada hitam, menambah daftar bahwa indonesia kaya dengan kuliner yang bercita rasa high class. Menggoda selera bukan.....


Foto : misterransel.com

Buat yang mager (malas gerak) tapi pingin menyantap sajian fast food yang rekomended, kamu bisa pesan Ayam Geprek Mbah So lewat GO-Food loh !! Tinggal klik layanan di go-food dan pilih menu andalanmu, tunggu kedatangan mas gojek untuk mengantar pesananmu.

Selain menu Ayam Geprek kamu juga akan menemukan Wedangan Mbah Romo, berikut daftar menunya. 
 






Foto : Doc. pribadi


Daftar Harga

Foto : Doc. pribadi


Gimana, penasaran khan gimana sensasi pedas level sak karepmu ala Ayam Geprek Mbah So........, cuzz aja ke sana, ajak teman2 dan keluarga untuk melepas penat sambil makan. Di jamin bikin nagih !!

Ini Alamatnya, di catet ya.....

Ayam Geprek Mbah So
Buka Jam : 10.00 WIB - 24.00 WIB
Rumah Banjarsari - Ruang Publik & Seni
Alamat : Jl. Syamsurizal No. 10, Setabelan, Banjarsari, Surakarta
Telp : 081215339691




12 komentar:

  1. Sambal bawang... Aku suka aku suka

    BalasHapus
  2. Wah boleh nih buat bawa rombongan makan ke sini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan jangan lupa mb bella, ajak si Doi yg cool it loh !! πŸ˜…

      Hapus
    2. Dan jangan lupa mb bella, ajak si Doi yg cool it loh !! πŸ˜…

      Hapus
  3. Kpn pulang, kita teng2crit ksana mak rim. 😘

    BalasHapus
  4. Kpn pulang, kita teng2crit ksana mak rim. 😘

    BalasHapus
  5. enak banget ayam geprek mbah so ini

    BalasHapus
  6. Makanan favoritku niih, ayam geprek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ouh peri......, kpn kau ajak aq ksana lg? πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus