Rabu, 15 November 2017

Rahasia Nikmatnya Ayam Rica2 Tanpa Bau Amis

Foto : Iffah Ipeh


Ayam Rica Bakar

Hai kuliner lovers............., mau tahu rahasia memasak ayam rica bakar dgn rasa yang aduhai.........? Bahkan sampai 3 hari kalau bersendawa rasa dari rica ayam msh terasa di kerongkongan. 😅😅😀

Pertama2 sich kita harus tahu cara yang tepat untuk membersihkan ayamnya, agar tidak amis dan mengurangi bakteri didalamnya.

1. Rendam dgn perasan jeruk nipis.
2. Rendam pake air asam jawa.
3. Rendam pake jahe.
4. Rendam pake tepung terigu.
5. Rendam pake cuka.
6. Rendam dgn air hangat.

Rendam selama 20 menit ya, baru dicuci kembali. Di jamin dgn rendaman salah satu bhn diatas akan meresapkan rasa dan menjaga kelembaban daging saat dimasak.

Untuk pengolahan, harus menggunakan bumbu yang proporsional dan menggunakan semua rempah2 kecuali kunci dan kencur.

Terkadang saya pun masih bingung membedakan antara kunci dan kencur, karna kekhasan baunya juga gak jauh bedha. Jadi diperlukan sensivitas indra penciuman dan perasa untuk hal ini.

Kalau memasak ayam kaya dgn bumbu dan rempah2 yg komplit maka akan menghasilkan cita rasa yang khas ayam rica yang sebenarnya.

Setelah bumbu di uleg halus, tumis, lalu ungkep ayam dgn api sedang. Nah, pas proses ini biasanya emang agak lama dan pas di ungkep ditutup biar dagingnya empuk. Ada juga yang diberi nanas agar memperoleh matang yang maximal.

Untuk penyedap rasa, kalau bisa hindari pemakaian micin karna kita bukan generasi micin. Ya meskipun masakan tanpa micin itu bagaikan hidup tanpa bayang2mu........, 😗 sebisa mungkin dihindari, minimal dikurangi.

Nah, sebagai pengganti micin kita bisa ganti dgn gula jawa dan gula pasir. Dgn perpaduan dua gula itu, maka akan menghasilkan cita rasa yang gurih dan manis. Semanis senyumanku............😅😀

Tp inget, masakan dgn perpaduan gula jawa dan gula pasir hanya berlaku untuk masakan yang digongso. Ntah itu berbhn dasar ayam, tempe atau lainnya. Tapi bisa juga untk jenis masakan laen, sesuai selera masing2 saja. Karna masak itu adalah seni. Tidak monoton seperti resep yg ada.

Selamat mencoba...........

3 komentar:

  1. Enyus tenan Mak Ip ayam ricanya. Kapan2 sharing resep lainnya yak

    BalasHapus
  2. Enak bgt nih kayaknya, dimakan sm nasi anget

    BalasHapus
  3. Kalo ayam mungkin gak terlalu amis ya mak..kalo menthok..duh, amis..kalo gak pinter masaknya

    BalasHapus