Kamis, 20 Juli 2017

Ayam So Good Daun Pandan

Siapa sich yang gak suka memasak, ada hal yang menyebabkan seseorang tidak mau memasak. Bisa jadi karena emang belum bisa, karena sibuk atau pun memang karena tidak suka yang namanya memasak. Tapi siapapun itu pasti dalam dirinya tercipta sebuah bakat salah satunya ya memasak. Ada juga yang bilang kalau memasak itu bukan bakat, melainkan itu adalah kodrat. Iya, kodrat alami yang ada pada diri seorang wanita. So, jangan sekali-kali mengatakan tidak bisa memasak, tapi katakan saja belum bisa....!!

Dulu ketika masih remaja hingga berstatus istri memang sudah hobi memasak, dengan dalih pingin hemat juga sich makanya saya rajin belajar memasak. Dari buku resep masakan sampai menumpuk, dan juga lihat tutorial memasak lewat youtube pun saya cermati. Ada kepuasan tersendiri gitu ketika bisa memasak dari mengolah bahan sampai penyajian.  😁😃

Biasanya emak-emak itu kan pemikiranya serba ekonomis, kayak saya ini. Misal saja beli ayam mentah 1 kg saja katakan harganya 40rb, kalau dimasak menjadi rica-rica ayam kan bisa dinikmati satu hari penuh. Nah coba kalau beli ayam goreng mateng, 40ribu hanya dapat dinikmati 1 kali makan doang.

Dengan hobi memasak yang saya miliki tentunya membawa banyak keuntungan, salah satunya hemat dan bisa menyajikan menu yang seimbang untuk keluarga. Lama kelamaan lidahku ini juga peka dengan yang namanya sayur hambar. Bahkan kalau terpaksa harus membeli sayur di warung tetangga, dari warna, tekstur masakan saja saya bisa menebak bagaimana rasa dari masakan tersebut. Mungkin memang bakat memasak ini menurun dari almarhumah ibundaku. Ibundaku pinter sekali membuat makanan tradisional, seperti madu mongso, kue semprong, kembang gula dll.

Buatku memasak itu adalah seni, bahan apapun yang ada akan tetap menghasilkn sajian yang sederhana dengan rasa yang mewah asal bumbunya proporsional. Kebetulan keluargaku memang lebih suka masakanku daripada beli sayur matang, jadi tiap hari saya harus puter otak supaya menu yang saya sajikan tidak membosankan. Seperti hari ini tadi, untung dikulkas ada setengah kilo Ayam Potong So Good. Dengan adanya Ayam Potong dari So Good ini di olah jadi apapun tetap nikmat. Langsung deh dapat ide memasak Ayam Gongso Daun Pandan. Karena kebetulan bumbu sudah tersedia, rempah-rempah juga komplit, daun pandan tinggal metik. Nah, nikmat mana lagi yang kau dustakan..!! Eaaaaaaa.......

Nah, ini saya mau berbagi bagaimana sich resep Ayam Gongso Daun Pandan. Sebenarnya gak jauh beda ama resep rica ayam. Cekidot ya.....!!!


( Foto Pribadi : Iffah Ipeh, 2017 )




Kita bisa memanfaatkan segala macam daun untuk membungkus makanan. Bisa daun pisang, daun jati atau pun daun pandan seperti yang aku sajikan ini. Supaya aroma daun tercium harum proses selanjutnya bisa dipanggang, atau pun dikukus. Pasti akan menambah aroma yang khas gongso dari daun tersebut. Dan dengan penampilan yang menarik keluargaku makannya jadi makin lahap. Terimakasih So Good, denganmu menambah mood boster tersendiri untuk selalu menyajikan masakan terbaik untuk keluargaku. Karena buatku memasak adalah kepuasan.

Bahan bahan :
1/2 kg So Good Ayam Potong.
2 lbr daun salam & lengkuas
2 cm geprek jahe
3 butir Kemiri
1/2 sdm garam
200 cc air
1 buah gula jawa
1 sdm gula pasir
3 sdm kecap manis
3 sdm minyak
6 lembar daun pandan

Bumbu Halus

5 siung bawang putih & bawang merah
3 buah kemiri
Merica secukupnya.

Cara Membuat

Rebus So Good Ayam Potong sebentar. Angkat.
Tumis bumbu halus, masukkan daun salam, laos jahe.
Tunggu sampai tercium aroma sedap. Tambahkan air, lalu masukkan Ayam yang sudah direbus tadi, tambahkan kecap manis, garam, gula pasir dan gula jawa. Masak sampai kuahnya mengental dan bumbu merasuk didalamnya. .

Ayam So Good Gongso

Siapkan 6 lembar daun pandan, bungkus ayam gongso ditiap lembaran daun tersebut. Dan disemat memakai lidi. Lalu panggang sebentar, nah ayam gongso daun pandan siap dihidangkan.
.

Kenapa saya memasak memakai gula pasir dan gula jawa? Karena 2 bhn tersebut sebagai pengganti penyedap rasa. Nah 2 bahan itu membuat masakan menjadi gurih tanpa penyedap tambahan. Tapi tambahan gula jawa untuk sayur yang berkuah bening tidak perlu, cukup dengan gula pasir dan garam.

Yuk buat emak-emak yang hobi masak, masih ada waktu sampai tanggal 23 juli ya. Yuk segera kirim resep andalan yang berbahan dasa dari So Good Ayam Potong. Masak menu andalan, foto lalu apload resepnya. Info lengkap bisa kunjungi di

www.bloggerperempuan.co.id/sogood


3 komentar:

  1. Hhhm enak nih ayam so good daun pandannya, seperti masak bacem ya mba.
    Makan dengan nase anget aja udah lezat.

    BalasHapus
  2. Wah pengen coba resepnya nih

    BalasHapus
  3. Enak ni, makasih ya resepnya. semoga bisa di wujudkan di rumah saya.

    BalasHapus